Sistem Informasi Rumah Sakit ( SIRS )
Apa itu SIRS dan Fungsi SIRS
Kebutuhan data dan informasi semakin meningkat dan mencakup berbagai aspek,begitu pula dalam bidang kesehatan,khususnya Rumah Sakit ,guna menentukan kebijakan di Bidang Upaya Kesehatan,Rumah Sakit wajib membuat pelaporannya.Pelaporan Rumah Sakit yang baik dan benar bergantung pada data Rumah Sakit ,sehingga di perlukan sebuah sistem manajemen yang mengatur serta mengawasi bagaimana cara mengisi dan mengolah data Rumah Sakit yang lebih di kenal Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit ( SIMRS ) .SIMRS adalah sub bagian paling penting dari SIRS,sehingga SIM-RS bisa juga di sebut Aplikasi Sistem Infromasi Rumah Sakit. lalu apa itu SIRS ? lebih jauh akan di bahas di bawah.
1. Apa Itu SIRS
Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) adalah suatu proses pengumpulan, pengolahan dan penyajian data rumah sakit se-Indonesia. Sistem Informasi ini mencakup semua Rumah Sakit umum maupun khusus, baik yang dikelola secara publik maupun privat sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.
SIRS yang berlaku saat ini adalah SIRS revisi 6 tahun 2011,dimana SIRS VI ini merupakan penyempurnaan dari SIRS Revisi V yang disusun berdasarkan masukan dari tiap Direktorat dan Sekretariat dilingkungan Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan. Hal ini diperlukan agar dapat menunjang pemanfaatan data yang optimal serta semakin meningkatnya kebutuhan data saat ini dan yang akan datang.
Jika kita bicara tentang Proses maka akan ada unsur Input dan Ouput.Proses dalam Input Ouput Rumah Sakit wajib melakukan Pengumpulan ,Pengelolahan,dan Penyajian Data ,rangkaian Proses ini akan menghasilkan Data Pelaporan Rumah Sakit dikirmkan dari “Rumah Sakit ke Dinas Kesehatan Provinsi & Dinas Kesehatan Kabupaten atau Kota”. Selain itu juga dibutuhkan pelaporan dari “Rumah Sakit ke KEMENKES RI”.Dalam Membantu implementasi SIRS ,lahirlah Aplikasi Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) dan Menteri Kesehatan telah menerbitkan buku Petunjuk Teknis SIRS 2011,untuk mendownload buku ini,sudah di sertakan di akhir postingan ini.
penyelenggaraan SIRS guna mewujutkan visi dan misi Rumah Sakit.
Aplikasi SIRS berbasis Online,untuk itu setiap rumah sakit harus terlebih dahulu melakukan registrasi di situs resmi Direktorat Jendral Bina Upaya Kesehatan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
http://buk.depkes.go.id/
penyelenggaraan SIRS guna mewujutkan visi dan misi Rumah Sakit.
Aplikasi SIRS berbasis Online,untuk itu setiap rumah sakit harus terlebih dahulu melakukan registrasi di situs resmi Direktorat Jendral Bina Upaya Kesehatan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
http://buk.depkes.go.id/
Berikut merupakan isi dari Pelaporan SIRS Rev. 6 “Terbaru” :
- RL 1 “Data Dasar Rumah Sakit”
- RL 1.1 (Data Dasar Rumah Sakit)
- RL 1.2 (Indikator Pelayanan Rumah Sakit)
- RL 1.3 (Fasilitas Tempat Tidur Rawat Inap)
- RL 2 “Ketenagaan”
- RL 3 “Pelayanan”
- RL 3.1 (Rawat Inap)
- RL 3.2 (Rawat Darurat)
- RL 3.3 (Gigi & Mulut)
- RL 3.4 (Kebidanan)
- RL 3.5 (Perinatologi)
- RL 3.6 (Pembedahan)
- RL 3.7 (Radiologi)
- RL 3.8 (Laboratorium)
- RL 3.9 (Rehabilitasi Medik)
- RL 3.10 (Pelayanan Khusus)
- RL 3.11 (Kesehatan Jiwa)
- RL 3.12 (Keluarga Berencana)
- RL 3.13 (Farmasi Rumah Sakit)
- RL 3.14 (Rujukan)
- RL 3.15 (Cara Bayar)
- RL 4 “Morbiditas san Mortalitas”
- RL 4.a (Penyakit Rawat Inap)
- RL 4.b (Penyakit Rawat Jalan)
- RL 5 “Pengunjung Rumah Sakit”
- RL 5.1 (Pengunjung Rumah Sakit)
- RL 5.2 (Kunjungan Rawat Jalan)
- RL 5.3 (Daftar 10 Besar Penyakit Rawat Inap)
- RL 5.4 (Daftar 10 Besar Penyakit Rawat Jalan)
- Dan berikut ini jenis pelaporan jika ditinjau dari waktu pelaporannya :
- Laporan Updating : RL 1, RL 1.1
- Laporan Tahunan : RL 1.2, RL 1.3, RL 2, RL 3, RL 3.1, RL 3.2, RL 3.3, RL 3.4, RL 3.5, RL 3.6, RL 3.7, RL 3.8, RL 3.9, RL 3.10, RL 3.11, RL 3.12, RL 3.13, RL 3.14, RL 3.15, RL 4, RL 4a, RL 4b.
- Laporan Bulanan : RL 5, RL 5.1, RL 5.2, RL 5.3, RL 5.4.
2. Fungsi SIRS.
Kita sudah membahas apa itu SIRS,dalam bahasa yang sederhana "SIRS adalah Pelaporan Data Ruma Sakit yang Berbasis Online,sehingga lebih cepat dan mudah,serta Infromasi yang di dapatkan lebih uptodate aplikasinya di sebut SIM-RS" .SIRS hanya bisa di lakukan di situs resmi Direktorat Jendral Bina Upaya Kesehatan yaitu http://buk.depkes.go.id.dan Rumah Sakit wajib terlebih dahulu resgistrasi sebelum menggunakan SIRS.
Sekarang kita akan mengetahui Fungsi SIRS yaitu :
Sekarang kita akan mengetahui Fungsi SIRS yaitu :
- Membantu mewujudkan visi dan misi RS
- Membangun dan mengembangkan infrastruktur teknologi informasi
- Mensosialisasikan dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia RS mengoperasikan teknologi informasi
- Meningkatkan kinerja Rumah Sakit menjadi lebih efisien dan efektif
- Meningkatkan nilai jual RS di masyarakat sebagai RS yang mengedepankan pelayanan
- Manajemen pengelolaan data menjadi informasi yang cepat dan tepat guna bagi kepentingan User, Manajemen maupun Pemerintah
- Meningkatkan mutu dan mempercepat proses pelayanan RS
- Meningkatkan loyalitas dan kebanggaan karyawan terhadap RS tempat mereka mengabdi
- Mengurangi kesalahan-kesalahan faktor manusia
- Menghilangkan permasalahan redudansi data
- Menghilangkan permasalahan ketidakkonsistenan data
- Pemetaan desain sistem informasi sesuai dengan kebutuhan informasi pada saat ini dan masa datang.
Untuk Mendownload silakan kunjungi: Gratis Download ebook Petunjuk Teknis SIRS
Referensi :
Buku JUKNIS SIRS 2011-buk.depkes.go.id
http://indra18mangun.wordpress.com/rekam-medis/sirs-rev-6/
Buku JUKNIS SIRS 2011-buk.depkes.go.id
http://indra18mangun.wordpress.com/rekam-medis/sirs-rev-6/
http://inticom.wordpress.com/sistem-informasi-rumah-sakit/
http://sirs-medan.blogspot.com/2012/10/manfaat-simrs.html
http://fanyeka.wordpress.com/2013/05/28/sirs-dan-sim-rs/
http://202.70.136.52/sirs/login.php
Kunjungi Juga :
Penulis juga mohon kritik dan sarannya Kritik Dan Saran anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar